Monday, December 10, 2018

Warga kota Bekasi ikut meramaikan hari Anti korupsi sedunia.

Antusiasme warga Bekasi rayakan hari Anti korupsi sedunia di car free day.

Sumber : foto sendiri

Memperingati hari Anti korupsi sedunia, warga kota Bekasi ikut meramaikan hari Anti korupsi dini hari di acara car free day  pada pukul 06:30 WIB, hari Minggu 9 Desember 2018.

Peringatan Anti korupsi sedunia di Bekasi ini dihadiri oleh Walikota Bekasi "Rahmat Efendi", kapolres, dan juga ketua KPK.

Hari Anti korupsi ini di laksanakan untuk mengingatkan warga kota Bekasi akan bahaya korupsi dan dampak negatif yang akan di timbulkan.

Sumber: foto sendiri

Walikota Bekasi menghimbau kepada warga kota Bekasi agar segera mengadukan atau melaporkan jika ada tindak korupsi dan pungli (pungutan liar) disekitar kita.
Pengaduan bisa dilakukan secara online lewat website saluran pengaduan berikut.

Whistleblowing system https://wbs.bekasikota.go.id 

POT (Pengaduan Online Terpadu) https://pengaduan.bekasikota.go.id


Sumber:foto sendiri

Sumber:fotosendiri

Antusias warga juga terlihat di depan panggung, mereka menulis opini mereka di kain yang telah disediakan sebagai bentuk penolakan mereka terhadap korupsi. Dan berharap agar Indonesia bisa terbebas dari tindak korupsi yang banyak merugikan masyarakat Indonesia.

Semoga bermanfaat

Asiknya ternak puyuh petelur skala rumahan

Ini dia tips dan solusi ternak unggas petelur di lahan sempit

    Akhir tahun telah tiba dan sebentar lagi pergantian tahun akan berubah naik jadi tahun 2019. Begitu juga dengan harga pangan yang setiap tahun selalu naik sejalan dengan terus naiknya harga dolar. Pasti pusingkan memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan untuk berhemat saat naiknya harga pangan.


  Salah satu bahan pangan yang penting adalah telur.


    Telur salah satu bahan pangan pokok yang selalu di cari untuk bahan makanan. Di indonesia salah satu telur yang banyak dI konsumsi adalah telur puyuh. Selain harganya yang murah dan lezat, ternyata kita juga bisa loh menghasilkan telur puyuh dengan cara berternak, yang pasti dalam skala kecil atau skala rumahan yang tidak membutuhkan lahan besar.

Berikut adalah lima tips jika ingin memelihara puyuh petelur :


Pertama, untuk berternak puyuh petelur anda harus membeli dulu puyuh petelur yang siap telur, anda bisa membelinya di pasar yang menjual berbagai unggas atau anda bisa membeli langsung dari peternak puyuh. Beli lah puyuh betina dan bukan yang jantan.


Kedua, kenali juga ciri-ciri puyuh jantan dan betina agar anda tidak salah beli, puyuh betina biasanya lebih diam dan badan agak sedikit lebih besar dari jantan, dan puyuh jantan dewasa biasanya akan mengeluarkan suara berkokok khas puyuh dan lebih aktif dari betina. Jika bingung bisa langsung tanyakan saja ke penjual mana yang jantan dan betina.


Ketiga, siapkan kandang yang sesuai dengan lahan rumah anda, cukup kandang ukuran 70x60 cm sudah bisa memuat 10 ekor indukan. Seperti gambar dibawah ini.

Dengan kandang seperti di atas setidaknya cukup untuk diletakkan di lahan yang tidak luas.

Keempat, jangan lupa untuk memberi makan puyuh dengan pakan yang bagus dan berkualitas agar puyuh menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus pula. Jangan lupa untuk memberi air untuk minum dan juga berikanlah suplemen penambah produksi telur agar puyuh semakin sering bertelur. Anda bisa membelinya di pasar unggas atau pun di online shop.


Kelima, jika anda sudah melihat puyuh bertelur, segera ambil dan simpan telurnya agar tidak pecah akibat terinjak oleh puyuh. Anda bisa langsung konsumsi atau di simpan untuk di kumpulkan melihat ukuran telur puyuh yang lebih kecil dari telur ayam.



Itulah lima tips bagi anda yang ingin sekedar iseng berternak puyuh petelur untuk konsumsi sendiri, setidaknya sedikit mengurangi pengeluaran uang belanja bukan.

Semoga bermanfaat.