Wednesday, July 26, 2017

Pengalaman memelihara marmut/guinea pig

Assalamu'alaikum semua, saya balik lagi nih buat nulis suatu pengalamn
pribadi saya, yaitu pengalaman memelihara guinea pig atau di indonesia sering disebut marmut, iya marmut.. hehe. Pada dasarnya guinea pig itu walau pun namanya ada pig-pignya gitu tapi guinea pig atau marmut ini bukan sejenis babi loh. guinea pig/marmut ini adalah sejenis hewan pengerat, sama seperti tikus, namun lebih mirip kelinci cuma perbedaannya telinganya nggak panjang.

Seperti yang uda saya bilang saya mau share tentang pengalaman saya 
dalam memelihara marmut. jadi gini saya sendiri sebenarnya suka banget pelihara hewan, termasuk hewan2 yang enggak umum alias hewan eksotis. Jadi saya tertarik sama marmut itu karena liat di youtube itu kok lucu2 ya, dan marmut ini enggak petakilan kaya kelinci, tau petakilan gak ?? petakilan itu hyperaktif atau lincah hehe, jadi marmut ini dia agak kalem, diem,, tapi kadang suka cepirit juga sih (namanya juga hewan) hehe. 

Dan marmut ini lebih tahan banting terhadap cuaca atau kondisi tertentu
dari pada kelinci. Bukan di banting ya, tapi tahan banting kuat fisik dan enggak gampang sakit, jadi bagi anda yang pernah pelihara kelinci dan ngeluh mati mulu, saya sarankan pelihara marmut deh. makanannya juga hampir sama kaya kelinci, ya sayur2an, pelet kelinci juga bisa, rumput, dan buah2an. Ada banyak sebenarnya jenis2 marmut, dari jenis lokal sampai jenis luar negri. Tapi marmut yang saya pelihara adalah jenis abbysinian. Ciri-cirinya biasanya ada user2annya, tau user2an  ?? itu loh yang ada di kepala manusia, biasanya juga ada satu atau dua, kalau marmut jenis ini user2annya bisa sampai delapan.

                        nah ini marmut peliharaan saya jenis abbysinian, ini sepasang.. lucu bukan. ini saya lagi jalan2 di taman itung2 ngasih makan rumput yang ada di taman juga hehe.
                          nah kalo ini di hibah / di kasih gratis sama orang yang baru saya kenal di grup guinea pig indonesia di facebook kalian bisa cari kalo sedang main facebook. kelamin betina dan paling berisik dari yang lain, maklum cewek emank cerewet dan bawel ! hehe.
                          Jadi kalo temen2 ingin memelihara marmut pastiin kalian pikirin mateng2 deh. jangan cuma karna lucunya aja liat di google atau youtube kalian beli dan pas uda bosen kalian telantarin gitu aja, kan kasian hehe. kalian juga harus rutin ngasih makan 2 atau 3x sehari, karna marmut ini kadang lapernya kebangetan, minta makan mulu, kalau telat ngasih makan suka berisik minta makan.. week week week. berisik deh hehe.

                          kalau saya paling kasih makan ketimun saya beli dipasar, tapi kadang nyari yang kualitas sayurannya agak jelek tapi enggak busuk, biar murah dan dapet banyak hehe. kalo lagi kere saya paling cari rumput di pinggir jalan, sawah-sawah, yang penting rumput deh hehe. jangan lupa juga untuk sediakan tempat minum botol, biasanya lebih besa dari botol minum hamster.

                          kalian juga jangan lupa mandiin marmut kalian, karena ... ya kalian tau lah kalo orang aja enggak mandi bau apalagi marmut hehe. dan untuk kandang kalo kalian pelihara di kandang jeruji, tolong kasih alas apa aja. agar kakinya tidak kejepit karna kaki marmut lebih kecil dari cela2 jeruji kandang.

                          dan jangan lupa satu lagi kalau beli marmut beli sepasang ya, takut nya kasian, bete, enggak ada temen nggak ada yang ngajak ngobrol hehe, kita juga gitu kan hehe.


                          yaudah mungkin sampe sini dulu aja kali ya curhatnya hehe, mungkin nanti saya akan berbagi cerita lagi soal hewan peliharaan saya atau pun yang lainnya. semoga bermanfaat. dan jangan lupa tinggalkan komentar, biar saya juga berkunjung ke blog temen2. terimakasih

wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 comments:

  1. marmut kalo dipelihara di dalam ruangan di rumah kira2 bau banget nggak ya? apa baunya bisa diatasi?

    ReplyDelete
  2. marmut kalo dipelihara di dalam ruangan di rumah kira2 bau banget nggak ya? apa baunya bisa diatasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mas. soalnya saya pelihara outdoor aja bau sih.. tapi banyak ko yang pelihara indoor di indonesia juga ada,. yang penting sih kebersihan kandang, soalnya resikonya orang rumah pada ke ganggu baunya.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete