Monday, April 9, 2018

Ternyata begini wajah asli keong mas!!!

Keong sawah atau biasa disebut keong mas adalah hewan moluska / bertubuh lunak yang memiliki cangkang untuk melindungi dirinya dari predator. Keong mas sering ditemui berada di perairan seperti sungai, persawahan yang berair, danau, dll. Di indonesia sendiri keong mas sering diburu dan dijadikan makanan oleh orang di beberapa daerah di indonesia. Bahkan keong mas sering diburu untuk di jadikan pakan ternak petani seperti bebek, karena keong mas adalah salah satu hama yang merusak tanaman padi.

Nah, bagi anda yang sudah tau keong mas seperti apa, biasanya kita tidak terlalu memperdulikan keberadaan keong mas ini, yang kita lihat hanyalah cangkang keong yang berwarna kuning kecoklatan. Tapi disini saya akan berbagi beberapa informasi mengenai keong mas ini, dan seperti apa sih bentuk sebenernya dari keong mas ini.

Dan ini adalah wajah asli dari keong mas tersebut, jauh berbeda dengan keong racun (bekicot) yang ada didarat. Keong mas umumnya menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam air, dan keluar permukaan air hanya untuk bertelur. Dilihat dari gambar tersebut, mata keong mas tidaklah panjang seperti bekicot, yang panjang itu adalah sungut untuk mengetahui lingkungan sekitar dan mencari makanan. mulutnya berada di bawah mata keong mas.

Foto milik sendiri


Dan di samping kiri, terdapat sebuah tentakel yang bisa memanjang untuk mengambil udara dari permukaan air. Sebenarnya keong mas seperti amfibi, mereka mempunyai dua organ pernapasan yaitu insang dan paru-paru. keong mas menggunakan paru2 disaat oksigen terlarut dari lingkungan yang mereka tinggali sedikit, mereka akan menggunakan tentankel yang bisa memanjang untuk menghirup udara dari permukaan air, dan uga mereka menggunakannya untuk bertelur di darat.

Foto milik sendiri


Keong mas juga sering dijadikan santapan di beberapa daerah, karena rasanya yang lezat dan mudah dicari keberadaanya, terlebih lagi keong mas juga menjadi hama bagi para petani karena sering memakan batang padi. Keong mas mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, namun tetap saja sangat jarang sekali peminat keong mas, mungkin di karenakan ukurannya yang sangat besar dan terkadang bau lumpur juga menjadi masalah kenapa keong mas kurang diminati untuk dijadikan makanan.

Foto milik sendiri



Nah itulah beberapa informasi sederhana tentang keong mas/keong sawah yang saya berikan, mungkin barang kali ada dari kalian yang ingin memelihara keong mas sebagai tambahan biota air di akuarium anda. Namun tidak disarankan untuk memelihara keong mas dalam aquascape, karena keong mas akan memakan tanaman hias anda di sebabkan mereka rakus dan pemakan segala. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment