Monday, May 21, 2018

Cara membuat mini softbox untuk lighting fotografi

       Assalamu'alaikum.. Sebelumnya saya mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA kepada para pembaca yang budiman hehe.. Semoga puasa kita bisa di kuatkan dan dilancarkan, Aamiin.
       Kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara membuat softbox,  yaitu lampu yang biasa digunakan para fotografer di studio untuk fotografi karena cahayanya yang terlihat sangat soft. Kurang lebih seperti ini contoh softboxnya,  familiar bukan.
(gambar)
        Namun saya akan membuat versi kecilnya yang saya buat dari bahan2 murah meriah seperti kardus, dll. Karena ukurannya yang kecil dan terkesan portable,  softbox ini bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan untuk foto produk, hewan peliharaan, portrait, maupun still life. Cekidot dan siapkan bahan2nya dulu.
1. Box kardus bekas, kardus apa saja.
2. Cutter
3. Lakban hitam atau lakban bening
4. Lem kertas
5. Gunting
6. Lampu dan rumahnya, kabel, dan colokannya.
7. Kertas silver (saya lupa namanya) bisa juga pake alumunium foil.
8. Dan kertas hvs

        Pertama, gunting/cutter kotak kardus menjadi bentuk seperti gambar dibawah ini, untuk ukuran sesuai selera, soalnya ini hanyalah softbox mini yang bisa dibawa-bawa / portable untuk foto hewan2 kecil dan foto produk. Jika sudah, tempelkan kertas silver mengikuti bentuk kardus dengan lem kertas ke semua kardus.




          Kedua, satukan kardus yang sudah ditempel kertas silver tadi dengan lakban hitam atau lakban putih, dan bentuk seperti gambar di bawah ini. Lakban setiap sudut luar dan sudut2 dalam agar lebih kuat.


          Ketiga, buatlah lubang dudukan lampu dengan menggunakan kardus yang lain, dan sesuaikan ukuran dengan lubang yang ada di bawah kardus seperti dibawah ini. Lalu lakban atau lem lampu dengan dudukan agar tidak mudah copot.

     
      Keempat, lalu satuka dudukan tadi ke kotak silver tadi dengan posisi lampu berada di dalam, dan lakban juga setiap sudut luar dan dalam di dudukan lampu, seperti gambar dibawah ini.



           Kelima, Buatlah frame dengan ukuran yang sesuai untuk di tempatkan di depan kotak softbox namun jangan di lakban dulu, gambar ini hanya untuk mengukur saja agar frame sesuai dengan kotak softbox.

         Keenam, sebelum fram di pasang di kotak softbox, tampelkanlah kertas hvs ke frame. Fungsi kertas ini adalah sebagai difuser untuk membuat cahaya lebih soft ketika menyinari objek. Jika sudah tempelkan frame yang sudah di beli kertas hvs dengan lakban, seperti gambar dibawah ini.


dan coba tes nyalakan lampunya.

Arahkan ke sebuah objek dan lihatlah perbedaanya ketika sorotan lampu menggunakan kertas hvs dan tidak menggunakan kertas hvs.
      
          Sejauh ini softbox yang saya buat belum saya gunakan untuk foto mini studio saya, karena keterbatasan lahan, soalnya kamar saya sedang dijadikan gudang sementara untuk persiapan lebaran. Dan juga mohon maaf jika gambar gelap dan kurang jelas, dikarnakan saya membuat softbox dadakan dan pembuatanya sore hari menjelang magrib sambil buka puasa. Nah, sekian dulu sampai disini. terima kasih.
   

1 comment: