Search This Blog

Thursday, August 9, 2018

Fotografi alam liar hanya dengan menggunakan kamera smartphone

      Assalamu'alaikum semua,  maaf baru posting artikel lagi, uda lama gg nongol.

      Kali ini saya akan membahas tentang fotografi wildlife dengan menggunakan kamera smartphone.  Hah?  Emang bisa?. Tentu bisa.  Biasanya fotografi wildlife atau alam liar harus menggunakan kamera digital dengan lensa tele untuk mengambil gambar binatang dari jauh,  dikarenakan hewan liar cenderung kabur bila didekati manusia,  bahkan bisa menerkam manusia bila itu binatang buas.
      Namun saya sebagai seorang fotografer amatir yang senang memotret binatang, dan belum punya kamera dslr sebisa mungkin gimana cara memotret hewan liar dengan hanya menggunakan kamera smarphone. Yaitu dengan menggunakn lensa bongkaran prosumer.  Loh kan itu buat macro ? Berati foto macro donk.  Yup,  memang hasilnya hanya memotret macro karena menggunakn lensa macro,  tetapi memotret macro tidak hanya sebatas memotret serangga,  bisa juga hewan kecil lainnya yang masi bisa masuk frame close up. 
       Seperti contoh foto dibawah ini:


Foto diatas adalah foto seekor bunglon sawah atau kadal kecil yang sering kita temui di sawah/semak2 belukar.  Cara memotret kadal tersebut memang harus kita tangkap dulu, karena kita menggunakan lensbong untuk mendapatkan bokeh yang mantap dan juga karena jarak focusnya lumayan dekat,  sekitar 4-6 cm. Setelah di tangkap atur kadal yang ingin kita foto di tempat yang kita inginkan,  lalu jepret fotonya sesuai angle yang kita inginkan, tapi jangan sampe menyiksa ya, setelah kita puas memotret lepaskan kembali kadalnya ke alam. Kadal seperti ini takut sekali manusia,  dan susah juga untuk menangkapnya, jadi harus cape dulu,  tapi kalo dapet hasilnya mantap ko.

      Dengan menggunakan kamera smartphone tetap saja keterbatasan selalu menjadi kendala,  tapi jika kita kreatif apapun bisa dilakukan. Dan dibawah ini adalah beberapa foto yang saya jepret dengan kamera smartphone dan lensbong.
Tapi ingat,  foto tetap harus kita edit untuk mendapatkan tone warna yang kita inginkan dan mengcrop untuk menghilangkan vignet dari lensbong dengan aplikasi yg sering saya gunakan yaitu snapseed dan adobe lightroom cc.




Untuk melihat lebih banyak foto jepretan saya lebih bnyk lagi silahkan kunjungi instagram saya dan jangan lupa follow juga.
kalo ingin tanya2 silahkan dm ya.
Terimakasih sampai sini dulu ya.
Sampai jumpa,  wasslamu'alaikum wr wb.

No comments:

Post a Comment