Search This Blog

Tuesday, December 17, 2013

CARA MENGKULTUR MICROWORM

Cara kultur microworm

Cara kultur microworm sangat mudah dah sederhana, bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Sebelum memulai kultur microworm, terlebih dahulu anda harus menyiapkan (membeli) stater microworm, kami menyediakan stater jika anda berminat.

Cara kultur microworm ini sudah saya lakukan dan terapkan sendiri di tempat saya. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain :
  • Roti tawar
  • Ragi roti instant
  • Wadah
Pertama basahi seluruh permukaan roti dengan air, tak perlu berlebihan cukup basah saja masukan ke dalam wadah. Langkah kedua taburkan ragi roti instant ke permukaan roti yang telah basah, ragi yang di gunakan sedikit saja tidak perlu berlebihan kira-kira 1/4 sendok teh. Terakhir oleskan stater microworm ke beberapa titik  permukaan roti, tutup rapat wadah, beri rongga udara dengan cara menusuk dengan jarum, rongga udara berfungsi sebagai respirasi microworm tapi rongga udara jangan terlalu besar karena khawatir lalat masuk dan mengganggu proses kultur microworm. Cara kultur microworm ini sangat sederhana silahkan mencoba.

Kultur microworm

Cara Kultur microworm

Cara Kultur microworm

Cara Kultur microworm

MICROWORM untuk pakan burayak (baby fish)

Assalamu'alaikum Para pembaca yang terhormat hehee

Apakah anda suka ikan hias ?
atau memang anda hobi ikan hias..?

kalau iya apakah anda pernah berfikir untuk berternak ikan hias dan membudidayakannya.
mungkin dari sebagian penghobi pasti pernah berfikiran seperti itu,,
termasuk saya hehe :D

bila anda benar2 ingin membudidayakan atau bertenak ikan hias atau semacamnya.
atau anda sudah melalukan breeding ikan anda tapi anda bingung ingin di beri pakan apa untuk burayak (baby fish) nya nanti,
tenang gan,, ane kasih tau,, bagi yang belum tau jalan keluarnya adalah memberi pakan burayak dengan MICROWORM..
apa itu microworm ??.
Microworm Adalah Pakan hidup untuk burayak (anak ikan) ikan cupang, guppy dan anak ikan yang berukuran kecil, berupa cacing micro yang biasa disebut dengan microworm (MW).



Efek yang dihasilkan ketika burayak di beri pakan berupa microworm antara lain meningkatkan tingkat pertumbuhan burayak, meningkatkan kecerahan warna, dan menignkatkan kesehatan burayak secara keseluruhan. selain itu microworm bisa dikatakan makanan yang relatif cukup murah karna bisa dikultur berulang kali dengan relatif mudah dan dapt dikultur dengan tempat yang tidak terlalu besar.
Sekilas tentang MW, Microworm merupakan nematoda yang memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 2-3 mm dan hidup dengan media yg mengandung asam karena proses fermentasi (Sour nematoda paste). MW sangat aktif dan konstan meliuk-liukan tubuhnya sehingga sangat menarik perhatian burayak yang lapar untuk melahapnya.
berdasarkan hasil googling adapaun Kandungan microworm adalah sebagai berikut :
•- Protein 48%
•- Lipids 21%
•- Glicogen 7%
-• Asam Organik 1%
-• Air 23%
-protein merupakan kunci utama dalam pertumbuhan ikan. protein mempunyai tiga fungsi bagi tubuh yaitu
1) sebagai zat pembangun yang membentuk berbagai jaringan baru untuk pertumbuhan, mengganti jaringan yang rusak, maupun bereproduksi,
2) sebagai zat pengatur yang berperan dalam pembentukan enzim dan hormon penjaga dan pengatur berbagai proses metabolisme di dalam tubuh ikan,
3) sebagai zat pembakar karena unsur karbon yang terkandung di dalamnya dapat difungsikan sebagai sumber energi pada saat kebutuhan energi tidak terpenuhi oleh karbohidrat dan lemak.
ikan muda membutuhkan 50% protein untuk menopang pertumbuhannya
-lipid berfungsi sebagai cadangan energi
-glicogen berfgungsi sebagai cadangan energi yang dapat disimpan selama 1 hari

Kesimpulan :
Klasifikasi : Nematoda
Nama umum : Microworm
Nama ilmiah : Panagrellus redivivus
Jangka usia : Microworm umumnya hidup 20-25 hari dan dapat mulai bereproduksi di usia 3 hari dan mampu menghasilkan 40 keturunan dalam sehari.
Ukuran : 2mm

itulah dia beberapa tentang microworm..
selamat mencoba :)

ingin tau cara mengulturnya.. klik disini
Semoga Bermanfaat
wassalamu'alaikum


Wednesday, December 11, 2013

BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY (POELICIA LATIPINNA SAILFIN MOLLY)”

BUDIDAYA MOLLY

CIRI-CIRI INDUK JANTAN DAN BETINA 

1) Induk Jantan 

 

a. Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut)yang merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yangpanjang.
b. Tubuhnya ramping.
c. Warnanya lebih cerah.
d. Sirip punggung lebih panjang.
e. Kepalanya besar.

2) Induk Betina 

 

a. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa siriphalus.
b. Tubuhnya gemuk
c. Warnanya kurang cerah.
d. Sirip punggung biasa.
e. Kepalanya agak runcing.

PEMILIHAN INDUKAN

Untuk memilih induk yang baik dapat dilihat dari jantan dan betina. Untuk jantan dapat dilihat dari ciri–ciri: berbadan ramping dengan sirip panjang, penampilan menarik, gerakan lincah dan gesit, serta memiliki alat kelamin yang disebut gonopodium. Sedangkan untuk betina antara lain: badan gemuk, perut buncit, alat kelamin berupa urogenital.
Untuk memilih induk harus diperhatikan warna ikan, yaitu hendaknya memilih warna ikan yang berwarna hitam dan mengkilap. Umur ikan dapat berbeda antara jantan dan betina.  Untuk pemilihan induk sebaiknya tidak kurang dari 6 bulan dengan panjang betina minimal 5 cm, dan jantan 3 cm.
Persiapan pemijahan berupa bak tembok atau plastik dengan ukuran 1x1x0,5 m dan 2x1x0,5 dengan ketinggian air 25- 40 cm, diaerasi lemah. Kemudian air harus steril dan jernih dengan pH 6-7, suhu 24 – 280 C, harus tersedia substrat hidrilla untuk tempat memijah dan menempelkan telur ( suhu 25- 270 C, pH basa).

PEMIJAHAN INDUKAN

Induk dimasukkan ke dalam tempat pemijahan sebanyak 150–250 ekor (induk jantan 1/3 induk betina). ProseS pemijahan ditandai dengan kejar–kejaran yang dilakukan induk jantan terhadap induk betina sambil menyerempetkan badannya. Ini berlangsung selama 4–7 hari. Setelah seminggu, benih tampak berkumpul diantara tanaman air atau berenang di pinggiran bak. Setelah itu dapat dipisahkan dari induknya dan dipindahkan ke kolam pendederan.
Kemampuan ikan molly dalam menghasilkan anak cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya yaitu 80–125 ekor. Untuk itu perlu dijaga ketahanan produktivitasnya dengan  pemberian pakan yang cukup. Pakan yang diberikan adalah berupa kutu air 3 kali sehari.

PERAWATAN BENIH 

1. Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4-5 hari anakikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, ataukuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.
2. Setelah mencapai ukuran medium (2-3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5-7 cm) dapatdiberi makanan cuk.
3. Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dll.
4. Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya janganberlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitasair.
5. Pergantian air. Air dalam bak atau aquarium jangan sampaikotor/keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapatdibersihkan setiap 2-3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuangpada waktu penyiphonan sebanyak 10-20% dapat diganti dengan air yang baru.


nah ini salah satu contoh ikan molly yang sedang melahirkan anak2nya,..

Semoga Bermanfaat :)