Search This Blog

Thursday, May 17, 2018

Review Lensbong (Lensa bongkaran) kamera prosumer untuk foto macro di smartphone


gambar dari google
         Selamat malam para pecinta fotografi, kali ini saya akan membagikan postingan tentang hal yang berhubungan dengan fotografi. Kalau beberapa hari yang lalu saya memposting artikel tentang hewan yang berjudul Tips-tips memelihara bajing kelapa, dan hari ini saya memposting tentang review lensbong prosumer yang lagi ngetren di antara para fotografer hanphone tentunya. Lensa tambahan ini biasa digunakan dalam fotografi macro dengan menggunakan handphone, biasanya hanya dijepit ke kamera hp seperti penjepit lensa tambahan hp pada umumnya seperti lensa wide dan fish eye.

         Dan ini adalah lensbong prosumer yang saya beli dari situs jual beli online dengan harga yang lumayan murahlah, kenapa murah, karena saya membeli lensa ini dalam keadaan utuh alias belum jadi lensa macro siap pakai, dan kekurangannya kalau membeli lensa utuh adalah kita harus merakit sendiri lensanya untuk kita pakai, dan juga kita tidak dapat penjepit jadi kita harus mengakalinya.


         Untuk kelengkapan untungnya saya masih punya penjepit dan parts dari lensa monocular saya yang dulu, jadi saya tinggal potong setengah selongsong lensa depan untuk macro dan saya gabungkan dengan selongsong bekas monokular dengan menggunakan solasi hitam. Dan lens hoodnya saya membuatnya sendiri dari botol air mineral bekas yang saya bentuk dan cat hitam, dan saya berikan sticker nama instagram saya PHOTOMARMAR. Untuk prosedur pembongkara lensa utuh saya tidak bisa menjelaskan karena akan sangat panjang, kalian tinggal cari saja di youtube atau artikel lainnya.

          Ini adalah hasil rakitan lensbong macro saya dilihat dari kamera hp saya, terlihat ada sebuah vignet yang lumayan luas, namun saya tetap memotret dengan keadaan seperti itu untuk menjaga kualitas foto saya. Karena biasanya orang-orang me-zoom kameranya untuk menghilangkan vignet yang akan menurunkan kualitas gambar mereka. Namun saya mengakalinya dengan mengcrop vignet dan meghealing beberapa sisa vingnet di aplikasi snapseed agar menghilangkan vignet tanpa mengcrop lebih kecil.



         Langsung aja, di bawah ini adalah review foto dari lensbong prosumer hasil rakitan saya sendiri, ada foto sesudah dan sebelum di edit menggunakan aplikasi snapseed dan adobe lightroom cc di hp. hasilnya joss dan cukup tajam, cekidot hasilnya. Bunglon/Londok, dan baca juga Bunglon Lokal yang unik untuk di pelihara pecinta Reptil..

foto sebelum di edit

foto sesudah di edit dengan snapseed dan lightroom cc 

foto sebelum di edit

foto sesudah di edit dengan snapseed dan lightroom cc 

              Ini hanyalah dua sample foto saya yang menggunakan lensbong prosumer, hasilnya lumayan tajam dan bokehnya pun mantap, masih banyak lagi sih karya foto saya tentang hewan, kalian bisa lihat contoh hasil lensbong saya di instagram saya PHOTOMARMAR. Nah mungkin hanya ini saya pengalaman saya menggunakan lensbong, tunggu saja postingan berikutnya. Terima kasih.



No comments:

Post a Comment